Sejarah SMK Komputer Karanganyar Kebumen | Kumpulan Sejarah

Sejarah SMK Komputer Karanganyar Kebumen

PENYELENGGARA PENDIDIKAN
SMK Komputer Karanganyar Kabupaten Kebumen melalui Yayasan Penyelenggara Pendidikan IPTEK – Komputer didirikan pada tahun 1997 akte notaris no. 13 tanggal 17 Juni 1997 / No. 4 tanggal 19 April 2000

Untuk pertama kalinya susunan pengurus dan pengelola Yayasan Pendidikan IPTEK -Komputer adalah sebagai berikut :
Ketua    :    Ir. Budi Setiyono
Sekretaris    :    Ny. Umi Kalsum
Bendahara    :    Rusmadi
Wakil Bendahara    :    R. Toto WPS, S.Kom
Penasehat    :    R. Soemarno, Bc.Hk.
Pengurus Harian    :   
               a. Drs. Arif Dwi Handoyo
               b. Dwi Setyowati, SE
               c. Dra. Eni Setyowati
 
Pada tahun 1997 / 1998 Yayasan Pendidikan “IPTEK KOMPUTER” mengawali diselenggarakannya pendidikan Komputer, dengan mendapatkan ijin operasional dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 1266/I.03.25.30/MS/1998 tanggal 22 Juni 1998, dengan nama LEMBAGA PENDIDIKAN PROGRAM PROFESI  “IMTEK – KOMPUTER” disingkat LP3IK dan untuk pertama kali beralamat di Jl. Revolusi No. 42 Karanganyar – Kebumen.

Bersamaan dengan dikeluarkannya ijin operasional dari Depdikbud, maka pada tanggal 28 Juli 1998 ditandatangani pula memorandum kerjasama antara LP3IK dengan SMK di Kabupaten Kebumen, yaitu melalui Surat memorandum kerjasama No. 007/Dir/IMTEK/VII/98. Sejak saat itu aktivitas dan penyelenggaraan pendidikan dilakukan 2 tempat dengan membuka beberapa program keahlian

Program pendidikan yang dibuka adalah :
1.     Pendidikan Komputer Terpadu ( 6 bulan )
2.     Pelatihan Singkat Reguler Komputer ( 3 bulan )
 
 
Merupakan suatu hal yang menggembirakan karena pada angkatan pertama tahun pendidikan 1997/1998 LP3IK bisa merekrut siswa sebanyak 180 peserta didik. Pada angkatan kedua tahun 1998/1999 LP3IK terlihat lebih diakui oleh masyarakat, terbukti untuk angkatan kedua mendapat peserta didik sebanyak 200 siswa. Sejak awal berdirinya LP3IK memperoleh dukungan para pakar dari pelbagai disiplin keilmuan.

Selanjutnya untuk senantiasa memelihara dan meningkatkan profesionalisme pada angkatan kedua telah dilakukan kerjasama dengan Akademi Manajemen Informatika & Komputer (AMIK Veteran – Purwokerto) melalui Surat Memorandum Kerjasama No. 033/DIR/IMTEK/VII/98 untuk menyelenggarakan program pendidikan kelas jauh pendidikan 1 (satu) tahun (setingkat D1). Sehingga pada tahun Pendidikan 1999/2000 LP3IK dirubah menjadi Lembaga Pendidikan Program Profesi Asosiasi Akademi Manajemen Informatika Dan Komputer (LP3IK  asosiasi AMIK Veteran Purwokerto), dengan membuka program :
1.     Pendidikan 1 tahun (setingkat D1) Program Studi Manajemen Informatika
2.     Program Terpadu
3.     Program Pelatihan Singkat Reguler
 
Dengan adanya kerjasama dengan AMIK Veteran Purwokerto, sehingga tahun pendidikan 1999/2000 penerimaan pendidikan dibagi 2, yaitu kelas program 1 tahun dan kelas program terpadu, disamping kelas pelatihan singkat reguler. Secara rinci perolehan peserta didik tahun pendidikan 1999/2000 adalah sebagai berikut : Program Pendidikan 1 tahun mendapat peserta didik sebanyak 15 peserta, Program Pendidikan Terpadu dan Pendidikan Reguler Singkat sebanyak 160 peserta didik, sehingga jumlah peserta didik seluruhnya adalah 175 siswa.

Walaupun tahun ketiga terjadi penurunan peserta didik, hal ini tidak menjadikan staf dan pengelola berkecil hati, akan tetapi lebih memacu dan meningkatkan manajemen pendidikan. Untuk lebih meningkatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakatn pada tahun 2000 dilakukan reorganisasi pengurus Yayasan, melalui Akta Notaris No. 4 tanggal 19 April 2000. Bersamaan dengan itu dibuka Sekretariat LP3IK yang beralamat di Jl. Tentara Pelajar No. 15 Karanganyar – Kebumen sekaligus sebagai kegiatan Pendidikan Kampus II, dan pada saat itu pula untuk meningkatkan kualitas pendidikan LP3IK menambah perlengkapan praktek.
 
 
Dengan adanya reorganisasi sehingga terbentuk pengurus baru, dengan susunan sebagai berikut :
 
1    Ketua    :    Ir. Budi Setiyono
2    Sekretaris    :    Ny. Umi Kalsum
3    Bendahara    :    R. Toto WPS, S.Kom
4    Penasehat    :    R. Soemarno, Bc.Hk.
5    Pengurus Harian    :    1. Drs. Arif Dwi Handoyo
               2. Dwi Setyowati, SE
               3. Dra. Eni Setyowati
 Pada tahun pendidikan 2000/2001 peserta didik meningkat sebesar 15 % yaitu sebanyak 200 siswa dan pada tahun 2001/2002 mendapat siswa sebanyak 210 siswa. Sehingga sampai akhir tahun 2002 LP3IK telah meluluskan siswa sebanyak 765 siswa.

Dalam kurun waktu yang sangat singkat LP3IK mengalami perkembangan yang begitu pesat, mulai 1 Juni 2002 membentuk suatu Unit Pengembangan & Penelitian (Resource Development Consultan) yang bekerjasama dengan AMIK Veteran Purwokerto disingkat “UPP LP3IK” yang bergerak dalam bidang pengembangan manajemen dan teknoogi khususnya dalam bidang teknologi informasi, termasuk didalamnya pengelolaan serta pemasangan jaringan instalasi komputer.
 
PENDIRIAN SMK TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (SMK KOMPUTER)
Berbagai tahapan dan pekembangan LP3IK pada tahun 2003/2004 menyelenggarakan lembaga pendidikan formal yaitu berupa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK Teknologi Informatika dan Komputer), sesuai dengan ijin yang dikeluarkan oleh Dinas P & K No. 421/1208/2004 tanggal 3 Mei 2004. bidang Teknologi Informasi  dan Komunikasi, Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Berdasarkan penilaian Badan Akreditasi Nasional Sekolah tertanggal 12 Desember 2007 SMK Komputer Karanganyar telah dinyatakan terakreditasi “B”. 

Dengan semakin berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dewasa ini serta persaingan kualitas lulusan yang begitu ketat, SMK sebagai salah satu lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga kerja menengah yang berkualitas dan dapat bersaing pada dunia kerja. Untuk pengembangan  SMK baik dalam program keahlian, peran dan fungsi, kurikulum maupun modul-modul Sistim diklat perlu diarahkan kepada program yang dapat meningkatkan potensi wilayah dan Sumber Daya Manusia.

sumber

0 Response to "Sejarah SMK Komputer Karanganyar Kebumen"

Post a Comment

Komentar dengan meninggalkan LINK tidak akan dipublikasikan!
Anda membutuhkan info lainnya seperti :
> Sejarah
> Legenda
> Mitos
> Profil atau Biografi
Silahkan request, Segera akan kami posting di blog ini.
Semoga bermanfaat

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net