Sejarah SMA Pius Gombong Kebumen | Kumpulan Sejarah

Google+ Followers

Sejarah SMA Pius Gombong Kebumen

Sejak lama masyarakat Gombong, terlebih para orang tua siswa Sekolah-sekolah Pius Bakti Utama Gombong, mengharapkan berdirinya sebuah SMA Katolik sebagai kelanjutan pendidikan TK, SD serta SMP Pius Bakti Utama yang telah ada. Untuk menjawab kebutuhan umat tersebut, Dewan Paroki St. Mikael Gombong mengambil sikap untuk membentuk Panitia Pendirian SMA Katolik di Gombong. Dengan restu Pastor Paroki, Rm. Thomas M. Freitas MSC, dibentuk dan diresmikanlah Panitia Pendiri SMA Katolik di Gombong.

http://juragansejarah.blogspot.comSMA ini awalnya memakai nama SMA Pius Bakti Utama Gombong. SMA ini memulai kegiatan belajar mengajar pada tanggal 16 Juli tahun 1988. Dengan mulainya kegiatan belajar mengajar ini, panitia pendiri diubah menjadi Pengurus SMA Pius Bakti Utama Gombong selaku Penyelenggara Sekolah. Sejak tahun berdiri sampai tanggal 30 Agustus 2005 Kepala Sekolah dijabat oleh Ibu Maria Sumartini, B.A. Mulai tanggal 1 September 2005 sampai sekarang dijabat oleh Ibu Dra. St. Aprilia Suprihatini.
http://juragansejarah.blogspot.com/2013/01/sejarah-sma-pius-gombong-kebumen.html
Dari ‘nunut’ menjadi mandiri
Pada awalnya, kegiatan belajar mengajar SMA Pius ‘nunut’ di gedung SMP Pius Bakti Utama Gombong. Memasuki tahun ajaran ketiga 1990/1991, ketika jumlah tingkat kelas telah lengkap yaitu kelas I, II dan III, pengurus merasakan kebutuhan ruang kelas SMA yang terpisah dari SMP. Oleh karena itu pengurus berusaha agar dapat segera membangun beberapa ruang belajar di atas tanah yang sudah dibeli. Dengan modal kredit dari BRI Cabang Gombong dan bantuan para dermawan, maka dibangunlah: 1 ruang kantor ukuran 3 x 8 meter, 4 ruang belajar ukuran a 8 x 9 meter, 2 WC putra/putri, 1 WC guru dan Urinoir serta 1 ruang sepeda. Lokasi baru yang sampai sekarang ditempati ini terletak di Jl. Sempor Baru atau yang sekarang dikenal sebagai Jl. Tentara Pelajar.

Lokasi dan gedung baru SMA Pius Bakti Utama Gombong ini diberkati oleh Bp. Uskup Mgr. P.S. Hardjasoemarta MSC, tanggal 26 Oktober 1990. Pada tanggal 27 Oktober 1990, penggunaan gedung baru SMA Pius Bakti Utama Gombong ini diresmikan oleh Bp. Drs. Tidjan Wirjosantosa mewakili Kepala Kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kebumen yang berhalangan hadir.

Pada tahun 1998, untuk menambah sarana prasarana yang ada, dibangunlah 5 ruang belajar baru beserta laboratorium, ruang osis, ruang BK, kanting, rumah penjaga sekolah, dll.

Tahun 2003, setelah melalui pembicaraan bersama Yayasan Bakti Utama, SMA Pius tidak lagi menjadi bagian dari Yayasan Bakti Utama. SMA Pius ditetapkan dikelola sendiri oleh pengurus di bawah naungan Pastor Paroki St. Mikael Gombong. Terkait dengan urusan administrasi kepemerintahan dan dana pensiun karyawan-guru, SMA Pius Gombong menginduk pada Yayasan Pius yang berpusat di Purworejo.

Tahun 2005, dibangun gedung laboratorium komputer. Dilakukan juga penggantian atap dari asbes menjadi atap genting.
Tahun 2009-2010, dibangun lagi gedung baru berlantai dua. Lantai 1 digunakan sebagai laboratorium fisika dan kimia. Lantai 2 digunakan sebagai perpustakaan.

Tahun 2011, gedung baru dan lokasi baru SMA Pius diberkat. Di tahun 2011 pula, dibangunlah pagar keliling kompleks SMA Pius untuk meningkatkan keamanan. Juga dilakukan perbaikan saluran air di tengah lokasi SMA dan pengurukan sawah milik SMA Pius Gombong. Di lokasi baru ini akan dibangun berbagai sarana pendukung kegiatan siswa: olahraga, ekstrakulikuler, dll.

Dari SMA Pius Bakti Utama menjadi SMA Pius
Berdasarkan pembicaraan antara para pastor di Paroki St. Mikael Gombong, Dewan Pimpinan  Provinsial ADM beserta pihak Yayasan Bakti Utama serta para pengurus SMA Pius Gombong, disepakati bahwa sejak tahun 2011 SMA Pius Gombong tidak lagi mencamukan nama dan logo "Bakti Utama". Keputusan tersebut didasarkan fakta bahwa SMA Pius Gombong bukan bagian (: unit kerja) dari Yayasan Bakti Utama. Meski demikian, disepakati pula bahwa kerja sama yang selama ini sudah terjalin dengan amat baik akan terus dilaksanakan. Maka sekarang nama resmi SMA ini adalah SMA Pius Gombong.


Sejarah Kabupaten, Sejarah Kota, Sejarah Kerajaan, Sejarah Organisasi dapat dibaca disini

0 Response to "Sejarah SMA Pius Gombong Kebumen"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini.

Anda membutuhkan info lainnya seperti :
> Sejarah
> Legenda
> Mitos
> Profil atau Biografi
Silahkan request, Segera akan kami posting di blog ini.
Semoga bermanfaat