Sejarah Kartun Tom and Jerry (The History of Tom and Jerry) | Kumpulan Sejarah

Google+ Followers

Sejarah Kartun Tom and Jerry (The History of Tom and Jerry)

Tokoh kartun kucing dan tikus yang terkenal selalu bermusuhan. Dengan gaya kocak, tokoh kartun ini saling kejar, saling intip, saling mengakali, saling pukul, tapi enggak mati-mati. Di dalam film, masing-masing ingin saling tangkap dan membalas. Berbagai bentuk akal bulus pun mereka lakukan. Sebenarnya sih, jalan cerita Film kartun ini tidak terlalu istimewa. Tapi, sebagai hiburan, cukup mengasyikkan. Ngomong-ngomong, tahukah sobat, siapa gerangan pencipta tokoh Tom & Jerry yang kocak itu?

Pada awal dari segala2nya, Tom & Jerry itu.... dari Frederick C. "Fred" Quimby (31 Juli 1886 - September 16, 1965). Sapakah itu?? dia adalah seorang produser kartun Amerika Serikat yang dikenal sebagai produser dari Tom and Jerry kartun, di mana dia memenangkan tujuh Academy Awards. Dia adalah produser yang bertanggung jawab atas kartun studio Metro-Goldwyn-Mayer, yang termasuk Tex Avery dan tim William Hanna dan Joseph Barbera, pencipta Tom dan Jerry.

Begini cerita awalnya. Ketika melihat kucing menerkam tikus di dapurnya pada suatu hari, mendadak Hanna mendapatkan ide untuk menjadikan permusuhan sebagai sesuatu yang lucu. Lantas, keduanya segera membuat naskah dan kartun Tom & Jerry pada 1932 bersama Studio Van Beuren. Saat itu, keduanya masih bekerja di majalah sebagai pembuat gambar kartun atau kartunis.


info : Quimby lahir di Minneapolis, dan memulai karirnya sebagai seorang jurnalis. Pada 1907, ia berhasil teater film di Missoula, Montana. Kemudian, ia bekerja di tahun.Hasil, naik menjadi anggota dewan direksi sebelum meninggalkan tahun 1921 untuk menjadi produsen independen. Ia disewa oleh Fox pada tahun 1924, dan kemudian MGM pada tahun 1927 untuk kepala departemen pendek fitur-fiturnya. Pada tahun 1937 ia ditugaskan untuk mengumpulkan departemen animasi nya

Pada tahun 1939, William Hanna dan Joseph Barbera disajikan dia dengan proyek mereka untuk menampilkan serangkaian kartun kucing dan tikus. Quimby disetujui, dan hasilnya adalah Puss Gets The Boot, yang dinominasikan untuk Academy Award. Sebagai produsen, Quimby menjadi penerima berulang kali Academy Award untuk Film Pendek animasi untuk film Tom dan Jerry, dan namanya menjadi terkenal karena menonjol dalam kredit kartun.

MGM (Metro Goldwyn Meyer) adalah rumah produksi pertama yang membuat film ini. Sayang, tahun 1957, divisi MGM tutup. Tak pelak lagi, nasib Tom & Jerry pun telantar. Padahal, penggemarnya sangat banyak. Tak hanya anak-anak, melainkan juga orang dewasa.

Harapan pun muncul kembali ketika enam tahun kemudian, ada Chuck Jones, animator berbakat yang tertarik untuk menghidupkan kembali si kucing dan tikus yang kocak itu. Maka, MGM pun membuat lagi film Tom & Jerry. Sayangnya, lagi-lagi ini tak bertahan lama.

Namun kemudian, selang empat tahun, MGM berhenti memproduksi kartun. Mereka tidak melanjutkan kerja sama dengan Jones.

Karena terlanjur cinta pada tokoh Tom & Jerry, tahun 1975, akhirnya Hanna dan Barbera berusaha keras membuat sendiri filmnya. Dengan susah payah, akhirnya mereka membuat serial televisi yang muncul setiap Sabtu pagi.

Sobat-sobat, hebatnya, usaha Hanna dan Barbera membuahkan hasil. Ya sejak tahun 1975 itu, produksi mereka berkembang. Film Tom & Jerry pun menyebar ke seluruh dunia. Sekarang, kita bisa menyaksikannya lewat televisi, kepingan VCD/DVD, juga dalam bentuk game-nya. Asyik kan? Tapi, hati -hati deh, permusuhannya siTom dan si Jerry itu.... jangan kalian tiru ya walaupun.... sangat lucu!

sumber